ketika waktu itu datang..

Dalam 11 bulan 20 hari Royyan sudah mengalami banyak hal, mulai ketika umur 3 bulanan Royyan harus masuk UGD dan harus menggunakan mesin alat bantu napas (ventilator) yang di masukkan melalui mulut Royyan selama 10 hari, lalu umur 7 bulanan Royyan harus melalui proses operasi jantung. 1 bulan kurang Royyan menginap di rumah sakit tapi senyum selalu ada di wajahmu.. bahkan ketika suster-suster sampai 7 kali menyuntikmu untuk memasang infus, Royyan masih mau memberikan hadiah senyum buat mereka.. sungguh rasa dendam ga ada dalam kamus Royyan. Umur 9 bulan Royyan kembali masuk RS, dengan sesak napas dan sejarah paru-paru Royyan memperburuk kesehatan Royyan.. hampir 2 minggu kali tapi lagi-lagi senyum Royyan selalu datang, apalagi kalo Pae ada.. Royyan memang anaknya Pae :p.

Dan akhirnya umur 11 bulan Royyan kembali sakit.. di awali dengan panas karena Royyan susah minum, lalu di ikuti dengan batuk-batuk. Selalunya Royyan bisa tertidur di pagi dan siang hari tapi kembali susah tidur di malam hari. Obat dokter sudah di berikan bahkan madu dan pengobatan tradisional pun dilakukan. Perlahan-lahan Royyan membaik, sudah bisa merayap maju lagi sudah mau main-main lagi. Bahkan selama sakit berat badan Royyan malah bertambah dari 7,8kg menjadi 8,4kg..Memang terkadang Royyan susah makan dan minum tapi kalau sudah ketemu trik2nya Royyan mau makan dan minum dengan banyak.mulai dari di nyanyiin, di kasih maenan favoritnya (kresek, kabel ma buku).

Beberapa hari sebelum Royyan "pergi" pipi Royyan tiba-tiba membengkak, awalnya Pae mengira itu efek antibiotik yang di berikan karena beberapa kali masuk RS biasanya Royyan suka tiba-tiba menggemuk. Tapi semakin hari kok semakin besar? Bue dan pae curiga Royyan Gondongan.. akhirnya browsing2 ternyata gondongan biasanya menyerang anak berumur 2 tahun ke atas dan tidak ada obatnya dan memang di sertai panas. Karena bue penasaran akhirnya bue ditemani Ummi Qq membawa Royyan ke rumah sakit buat periksa Royyan. Dokter bilang gpp pipi Royyan membengkak karena infeksi virus.. virus apa? kata dokter mungkin dari batuknya dan kami hanya di bekali 2 macam sirup untuk batuk dan bengkak pipinya. Lalu masalah batuknya ga di permasalahkan dokter meski kami sudah ceritakan kalau Royyan ada sejarah jantung bocor.. dan meski bibir royyan saat itu tidak begitu cerah.. akhirnya kami pulang dengan harapan semoga malam itu Royyan bisa lebih baik lagi.

Malamnya, Royyan mulai g enak tidur sekitar jam 9.. di bantu ummi Qq, bue coba bikin Royyan lebih enakan.. entah kenapa batuk Royyan pulang dari Rumah sakit malah kembali memburuk. Terasa ada banyak slam di paru2 Royyan.. akhirnya Royyan bisa tertidur. Tapi terus Royyan bangun lagi, kali ini  di bantu Ayah yang masakin air, bue tepuk2 punggung Royyan sambil di uap air hangat.. Royyan kembali enak tidur. Biasanya Royyan di suction sama Bapake biar lebih enakan napasnya, tapi malam itu pae lagi di Bandung. akhirnya Bue yang suction Royyan.. sambil sesekali di nebu. Royyan kembali tenang dan tertidur. Jam 3 gantian bue yang tidur.. Royyan di jagain Nenek dan Ayah. Belakangan Nenek cerita kalau subuh itu Ayah untuk pertama kalinya gendong Royyan dan bisa bikin Royyan tertidur.. Ayah seneng.

Paginya Royyan mulai terlihat cape, Bue pikir karena semalam Royyan tidurnya ga enak, karena selama ini selalu begitu. Biasanya pagi sampai sore dilalui Royyan dengan tenang bahkan hari sebelumnya pun dengan kondisi malam yang sama seperti itu pagi dan siangnya Royyan bisa tidur dan bahkan hari sebelumnya Royyan sempet narik2 rambut abang Qq.

Tapi ternyata pagi itu berbeda, setelah mau minum air madu 1 botol dan susu 60 ml an .. Royyan hanya diam. Badan Royyan panas sampai 39,9 .. Ummi Qq sempet beliin Royyan obat penurun panas, dan Royyan juga minum obat itu. sempet turun menjadi 38,8 tapi udah gitu naik lagi. sesekali bue suapin Royyan minum sambil terus ganti kompres Royyan. Akhirnya jam 8 kurang mulai telpon ayah buat minta antar ke rumah sakit... kondisi Royyan saat itu panas banget dan lemas, Royyan hanya terdiam sambil mata melihat keatas. Bue g punya firasat apa2 bodohnya hanya berpikir itu efek panas.. dan seperti biasa bue tepok2 punggung Royyan sambil sholawatan karena biasanya abis di sholawatin Royyan suka tertidur.. tapi pagi itu engga.

Mama alif, alif dan Ayah akhirnya sampai di rumah ummi Qq, Bue di gantiin mama Alif dulu buat mandi, dan waktu Bue selse mandi Royyan lagi di gendong Nenek. Tiba-tiba Nenek histeris kalo Royyan kejang, akhirnya bue ambil alih Royyan .. dan siapa yang menduga Nak.. ternyata saat Kejang itulah napas terakhir Royyan.. dan begitu Royyan sampai di pelukan bue, ternyata Royyan udah pergi :'(.

Meski begitu akhirnya bue dan ummi Qq dengan menggunakan ojek pergi ke puskesmas karena masih percaya Royyan masih bisa di selamatkan. sepanjang perjalanan bue cuma bisa nangis dan istigfar berharap Royyan mau buka mata dan kembali bernapas, tapi ternyata memang Allah sudah berkehendak lain. Allah sudah memutuskan bahwa sudah waktunya Royyan kembali ke pangkuan Allah.. :'(

0 comments:

Post a Comment