Cerita Petualangan Royyan di RS [2]

Kurang lebih 7 hari Royyan di rawat di NPIU, dengan ventilator terus terpasang.. setiap hari Bue dan Bapake rajin liatin monitor jantung dan mesin ventilator berharap ada perkembangan positif dari Royyan. Dengan berbekal jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada dokter dan suster kita berdua sedikitnya jadi bisa mengerti cara membaca 2 alat itu.

Sementara itu Royyan di buat tidak sadarkan diri dengan di beri obat tidur lewat IV.. tapi lama-lama sepertinya ga ngaruh buat Royyan karena Royyan masih sering tersadar dan berusaha melepaskan selang-selang di hidung dan mulutnya.. sesuatu hal yang bikin bue ma bapake happy.. :).


Selama menjaga Royyan kadang semangat kadang tidak.. semangat ketika berpikir "Yak!! Royyan pasti sembuh!!" dan turun semangat ketika melihat sedikitnya perkembangan positif dari Royyan.
Dokter bilang hasil Rontgen Royyan memperlihatkan paru-paru Royyan yang berkabut, yang artinya ada banyak lendir di dalam paru-parunya.. tapi kondisi Royyan yang menggunakan ventilator membuat proses nebu kurang mempan karena bagaimanapun kemampuan napas royyan lemah jadi penghisapan nebu kurang efektif.. yang cukup membantu hanya proses suction, tapi itupun ga boleh terlalu sering di lakukan. 
Satu-satunya cara adalah memindahkan Royyan ke PICU karena di sana ada alat yang bisa membantu Royyan lebih baik *namanya bue lupa.. * alat yang berfungsi sebagai ventilator dan sekaligus nebulizer. 
Dokter sudah memasukkan Royyan ke dalam list selanjutnya untuk masuk PICU, tapi ternyata begitu ada kosong di PICU tempatnya di berikan ke pasien sebelah Royyan :(. Saat itu Royyan memang sama-sama masuk dengannya .. kasusnya pasien yang namanya tiba-tiba bue lupa tapi yang kebetulan mamanya bernama sama dengan bue..adalah kejang.. dan tidak sadarkan diri. Rupanya dia lebih urgent daripada Royyan sehingga Royyan di pending untuk masuk PICU. 
alhamdulillah 3 hari kemudian kamar kosong lagi di PICU dan Royyanpun bisa pindah.

Proses kepindahan cukup bikin bue merinding.. betapa engga.. saat itu bapake sedang di kantor, Royyan di minta buat pindah..pindah ruangan dan juga pindah gedung yang lumayan jaraknya, mengingat Royyan masih menggunakan ventilator karena napasnya yang lemah, tapi saat kepindahan ventilator harus di buka dan hanya di gantikan oksigen yang di pompa oleh dokter (Lagi lagi bue lupa namanya :( ).. waktu menemani Royyan , bue sempet liat Royyan mengap-mengap kesulitan napas, dengan wajah yang merah biru berusaha untuk bernapas.. yang ada bue jadi dag dig dug.. belum lagi waktu itu lift khusus untuk pasien malah di pakai pengunjung !! >_<. Tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar.. dengan selamat Royyan sampai di PICU.

4th stop

0 comments:

Post a Comment